Menjelang Mpasi, Perlu Siap-Siap Apa Saja?

Wah, sebentar lagi si kecil mulai MPASI, nih. Kira-kira apa yang sudah disiapkan ya? Apa sudah belanja peralatan MPASI, cek-cek resep, baca buku, atau ikut kelas-kelas online? Sebenarnya apa sih yang perlu disiapkan duluan? Semuanya terasa penting.

Pada dasarnya ada 3 hal yang perlu disiapkan saat menjelang pemberian MPASI.

  1. Mental

Kenapa persiapan mental ini penting? Makan adalah sebuah perjalanan yang panjang dan pemberian MPASI hanya awalnya. Perjalanan ini bukan perjalanan biasa, tapi juga perjalanan belajar. Artinya ada proses jatuh bangun, mengamati, mencoba, berlatih dan pastinya ada up and down yang dinamis.

Semua pasti berharap anaknya bisa makan dengan lancar, seperti anak-anak yang pinter makan di social media itu. Tapi tunggu dulu, yang dilihat bisa jadi hanya yang bagusnya saja, tapi kita tidak pernah tahu seperti apa perjalanan mereka yang sebenarnya.

Sejak awal, siapkan mental untuk menghadapi perjalanan yang tidak selalu mulus. Jadilah pendamping, guru, dan supporter yang berada sepenuhnya mendapingi perjalanan makan anak, baik pada saat yang menyenangkan maupun saat yang tidak menyenangkan.

  1. Ilmu

Di era digital ini, informasi bisa didapat dengan mudah. Belajarlah sebanyak-banyaknya dan mulailah sebelum bayi lahir atau bahkan sebelum hamil. Tapi, pastikan sumber informasi itu valid dan bisa dipertanggungjawabkan keberaran ilmiahnya.

Setelah banyak belajar, jangan jadi makin bingung, ya. Pilihlah informasi yang sesuai dengan keadaan keluarga dan memungkinkan untuk diterapkan secara maksimal. Namun jadilah fleksibel, dalam arti kita juga perlu mempertimbangkan keadaan si kecil nanti.

Prinsip pemberian makan akan tetap sama dan tidak berubah, apapun metode pemberian makan yang akan kita terapkan. Yang membedakan adalah teknis pelaksaannya saja. Jangan jadikan ini sebagai beban, tapi jadikan ini sebagai panduan agar pemberian MPASI bisa dijalani dengan gembira.

 

  1. Peralatan MPASI

Banyak sekali perlatan MPASI yang ada di pasaran. Yang mana yang bagus ya? Peralatan MPASI yang dipilih perlu mendukung proses pemberian makan. Sebagai contoh, pemilihan kursi makan perlu disesuaikan dengan postur tubuh bayi. Pilihlah booster seat bila bayi masih terlalu kecil untuk didudukkan di high chair. Pastikan juga bentuk high chair sesuai dengan prinsip postur tubuh saat makan.

 

Peralatan makan yang dipilih perlu disesuaikan dengan tahapan usia bayi. Pilihlah ukuran sendok yang sesuai ukuran mulut bayi, tidak terlalu datar, juga tidak terlalu cekung. Pilihlan piring makan yang kokoh, tidak mudah pecah, dan bila memungkinkan, memiliki sekat dan perekat (suction) di bagian bawahnya. Peralatan makan yang polos juga lebih disarankan agar fokus bayi ada pada makannnya, bukan pada gambar di alat makannya.

ALat makan yang mahal dan banyak diminati belum tentu sesuai dengan anak kita. Jadi, pilihlah sesuai prinsip dan yang paling sesuai dengan anak, dan sesuai dengan kondisi keluarga.

 

Selamat siap-siap memberikan MPASI ya!

Jangan lupa untuk melakukannya dengan penuh cinta <3

 

Previous Post Hari pertama MPASI tapi GTM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your Cart

Cart is Empty
Updating Cart!
Admin kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!